Kamis

11 Sumber Penghasilan Blogger



Mereka diam di rumah berhari-hari, bahkan berbulan-bulan. Sepertinya mereka tidak  bekerja akan tetapi kenapa bisa mereka membeli barang-barang mewah seperti rumah, mobil? Apakah mereka memelihara makhluk halus tuyul atau memang warisan kakeknya sampai tidak habis dimakan tujuh turunan? Boleh saja menduga, asal jangan menuduh. 
Kalau teman Anda tersebut seorang blogger, mungkin pendapatanya berasal dari : Advertising program, RSS advertising, Sponsorship, Program Afiliasi, dan masih banyak lagi. Nah, kalau teman Anda bukan blogger, itu lain perbincangannya. Memang, soal pendapatan jarang orang berani terbuka alias rahasia!. 

Akan tetapi anda perlu tahu sedikit soal aneka sumber pendapatan seorang blogger antara lain sebagai berikut :

1. Advertising Program
 Yang paling terkenal adalah Adsense. memang kalau di telaah ini merupakan bilangan kecil, bisa dibilang uang Receh! akan tetapi kalau itu jumlahnya segunung, pastilah lain jadinya. Dan semua itu tidak terjadi dalam sekelip mata. Selalu ada proses panjang yang melatar belakanginya. Selain adsense, masih ada cara lain, yakni dengan Chitika’s eMiniMalls, WidgetBucks, Text Link Ads. Azoogle Ads, Intelli Txt, DoubleClick, Tribal Fusion, Adbrite, Clicksor, AdHearUs, Kanoodle, Pheedo, TextAds, Bidvertiser, Fastclick dan Value Click. dan cobalah BlogAds juga.

2. RSS advertising 
Tawaran yang satu ini layak diperhitungkan. Selama ini RSS hanya sebagai “kaki tangan” sebuah blog agar makin dikenali dan di index oleh search engine tetapi sekarang tidak lagi. Sekarang RSS juga  mau membiayai blog anda.

3. Sponsorship
Ada banyak cara menuju tempat tujuan. Ada banyak sponsor yang mengajak anda kaya. Ingat, semua itu tidak berlangsung dalam semalam, sebab kaya yang dimaksud adalah “Kaya” dalam artian sesungguhnya. Apa itu? Kaya Ilmu dan independent dari sisi keuangan. Logikanya, seseorang yang tidak tau jalan tujuannya, ya harus dikasih tau jalan tujuannya. Bukan malah disuruh bayar untuk tau bahwa jalan itu sudah ada di depannya. Back to subject. Taruhlah Anda suka kepada membuat toko online. Tentulah Anda akan merelakan, meluangkan waktu untuk toko online. Baik itu dengan membaca bukunya, ikut milis, atau membeli software pengolah  toko online. Nah dari hasil investigasi itu, bagikanlah pada mereka yang juga pengin tau dan pengin belajar seperti Anda. Karena Anda rajin menulis di blog, dan tidak terasa tulisan anda sudah banyak dinikmati orang termasuk pengusaha toko online lain. 
Maka dengan suka hati mereka akan menghubungi anda untuk menawari iklan produk-produk mereka. Terjadilah tawar menawar agar produk-produk mereka itu bisa ikutan numpang di blog anda.
Contohnya Program afiliasi, anda ikut menjualkan produk perusahaan tertentu. Jika terjual, Anda akan mendapatkan komisi. Jumlah komisinya beragam tergantung pihak penyedia jasa afiliasi tersebut, seperti Amazon, Clickbank 

4. Digital Asset
Dengan bertambahnya jumlah blogger yang bingung, penasaran, dan bosan, maka munculah aneka kursus dan seminar bertema mencari uang online. Banyak blogger sukses secara online mengembangkan sayapnya secara offline. Salah satu diantaranya sering mendapat tawaran untuk memberikan seminar, bahkan diangkat untuk menjadi pengajar di sekolah tertentu.

5. Blog Network Opportunities
Jejaring Blogger banyak jenisnya. Biasanya dikenal dengan social networking. Semakin sering anda menulis di banyak social networking, sudah pasti pengunjung yang tersedot ke situs anda akan semakin banyak. Penasaran? Coba Anda sign in di twitter. Lalu posting sesuatu disitu, diikuti dengan link situs anda. Setelah itu anda periksa pengunjung situs Anda. Pasti bertambah. Hak seperti ini juga berlaku di situs lain selain Twitter.

6. Business Blog Writing Opportunities
Banyak perusahaan besar yang menggaji staf khusus untuk menjalankan fungsi blogging ini. Sebab mereka tau bahwa blog adalah salah satu sarana efektif untuk memasarkan produknya. Namun ada juga perusahaan yang lebih suka menggunakan jasa outsourcing,untuk yang satu ini bisa dilihat di Bloggers for Hire. Peminat model outsourcing ini semakin besar, sebab dianggap lebih menguntungkan  secara financial, dibanding harus menggaji karyawan tetap.

7. Non Blogging Writing Opportunities
Sudah bukan rahasia lagi jika seorang blogger disewa untuk menulis di media offline. Seperti yang dimuat dalam tulisan coup of a column di Washington Post. Ini adalah salah contoh kolom yang diasuh oleh salah seorang blogger. Tentu saja, kualifikasi tulisan musti disukai oleh media terkait. Atau mungkin media tersebut mempunyai tujuan tertentu dengan merekrut sang blogger tersebut.

8.  Donations
Mungkin masih terdengar agak kurang baik, tapi ini sah. Anda sah-sah saja meminta sesuatu pada orang lain karena anda sudah memberi. Tapi ketulusan tetap nomor satu. Kalau bisa “hanya memberi tetapi tidak berharap kembali”  Ada banyak web yang terang-terangan memuat kolom donasi. Ambil contoh seperti kottke.org. Dan masih banyak lagi yang lain.

9. Flipping Blogs
Di tahun 2005 populer dengan nama “Blog Flipping” alias penjualan blog. Sebuah blog bisa dijual, tentu dengan kriteria tertentu. Semakin populer dan focus, pasti semakin mahal harganya. Dihargai berapa blog Anda? Jawabannya, belum ada patokan resmi. Sebab blog berkaitan dengan kesukaan seseorang.

10. Merchandising
Kepopuleran sebuah blog bisa memberi kebanggaan bagi follower-nya. Ini adalah peluang. Penjualan merchandise bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan pendapatan si pemilik blog. Biasanya, si pemilik blog memajangnya di front page blog mereka. Namun ada juga yang mau menjualkan. Coba kunjungi Cafebisnis dan RahasiaSuksesClickbank Dari data sementara, ada sebuah blog yang berhasil mendapat $100 - 300/ hari dari penjualan merchandise saja.

11. Consulting and Speaking 
Pernah salah satu Blogger pemula ingin ngobrol dengan salah seorang blogger “besar” . Namanya ada dimana-mana. Namun untuk ngobrol dengan dia, susahnya minta ampun. Ada saja alasannya untuk menghindar. Sering kali cuma dijawab, “silahkan kunjungi blog saya.” Selidik punya selidik ternyata si blogger ini punya bisnis konsultasi. Istilah kerennya “konsultan blogger.” Ada yang per jam bisa mencapai angka 200 ribu rupiah. Di luar negeri bisa lebih bombastis lagi angkanya. Ada yang memasang tarif $200 per jam.

Silahkan anda dapatkan panduan yang lebih lengkap dan proven bagaimana cara menyulap blog menjadi mesin uang otomatis, klik disini.

Tidak ada komentar:

Entri Populer