Minggu

Langkah Jitu Membangun Personal Branding di Media Sosial


Banyak sekali macam dan ragam manusia yang selalu aktif setiap hari di media sosial. Jutaan pengguna menjadikan media sosial sebagai jendela untuk membuka gerbang pasar yang generik. Bermacam-macam karakter pengguna bercampur baur dalam keriuhan media sosial. Semua orang bersuara lantang dan ingin sekali diperhatikan. Hal yang sangat wajar terjadi karena pada prinsipnya untuk semua orang pemasar, “diperhatikan” adalah sesuatu yang patut diperjuangkan dalam memenangkan  kompetisi di media sosial apapun hasilnya.

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam membangun personal branding Anda ditengah keriuhan media sosial sehingga Anda bisa jadi pemenang dalam pertempuran merk ini:


>>Buat identitas jujur dan menarik
Kesan yang akan mencitrakan sifat seseorang adalah hitungan 11 detik pertama dari sebuah pertemuan, sangat singkat memang, namun itulah waktu yang dibutuhkan seseorang untuk menilai apakah orang tersebut baik atau tidak, jahat atau tidak, jujur atau tidak, bahkan ahli atau tidak. 
Memang ada banyak pendapat bahwa kemampuan seseorang tidak bisa diukur dari penampilan fisik luarnya saja, memang benar, namun alangkah baiknya apabila kesan pertama yang boleh diambil oleh seseorang terhadap anda sudah menunjukan aura kepositifan. 

Tentunya hal ini akan sangat membantu pada tahap awal. Avatar, namoa, profil, dan bidang pekerjaan adalah perhatian awal pencitraan seseorang di sosial media. Buatlah itu semenarik mungkin. Menarik bukanlah dengan memberikan gambar-gambar yang indah didalam profil Anda melainkan “mencirikan” Anda yang sebenarnya sesuai dengan tingkatan kemampuan seorang profesional yang layak untuk pencitraan sebuah merk.


>> Jadilah pembeda/beda
Apa yang akan jadi senjata Anda supaya bisa “diperhatikan” oleh orang lain dalam keriuhan tersebut? Jawabannya hanya ada satu, yaitu “pembeda” yang menonjol. Pembeda dari semua orang yang ada dalam media sosial. Pembeda ini akan kita sebut “Personal branding”. Semua orang dalam media sosial pada dasarnya adalah membangun merk. Merk yang bisa menghasilkan pencitraan positif atau bahkan negatif. Jadilah yang berbeda dan citra yang berbeda. 


Semakin Anda dapat menawarkan perspektif yang segar atau merek konsep baru, semakin banyak orang akan tertarik kepada Anda. Semakin Anda dapat mengambil kepribadian yang berbeda dan ide-ide segar lain maka Anda telah membuat Ceruk atau niche Anda sendiri.


>> Informasikanlah tentang diri Anda sendiri
Jika Anda ingin mendapatkan diri Anda dikenal dalam keramaian, media sosial adalah cara yang bagus untuk membangun visibilitas dan platform. Sebagai seorang dokter, sering-seringlah membuat status di Facebook tentang pengobatan dan kesehatan atau bahkan konsultasi pengobatan dan kesehatan via email gratis. Jika Anda seorang internet marketer, sering-seringlah memberikan tips-tips artikel Anda dan memberikan solusi sederhana tentang bagaimana bisa sukses di internet marketing. 

>> Sering-seringlah berbagi
Membagikan ilmu adalah ibadah, dan juga termasuk personal branding. Jika Anda ingin memposisikan diri sebagai ahli, berbagilah tentang  apa yang Anda ketahui. Semakin Anda berbagi ilmu, semakin banyak orang ingin mendengarkan Anda, bahkan ingin tidur bareng dengan Anda. 

Banyak sekali alat yang bisa anda gunakan untuk berbagi di sosial media. Menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar bidang Anda, membagikan link di Twitter dan Facebook, menulis tulisan di blog dan menjawab komentar yang diberikan, mengundang orang untuk bertanya seputar keahlian anda di berbagai media sosial, bahkan menyediakan waktu untuk menekan tombol “share” di setiap jejaring media sosial adalah cara-cara yang tepat untuk berbagi sehingga bisa membantu membangun personal branding Anda di media sosial secara positif.


>> Bedakan antara personal branding dengan company branding
Walaupun mempunyai kesamaan dalam cara membangunnya, personal branding dan company branding tetaplah dua roh yang berbeda. Penggabungan keduanya dimungkinkan apabila bisa saling menjaga dan terjadi hubungan mutualisma atau saling menguntungkan. Akan sangat fatal akibatnya apabila kedua hal ini disatukan namun pembatasan diantara keduanya bersifat tidak saling mendukung dikarenakan ada satu garis semu diantara keduanya. 


Satu contoh  kecil yang sering dijumpai yaitu dimana seorang pedagang pakaian yang selalu berkeluh kesah tentang kehidupan pribadi yang sulit ataupun berkomunikasi yang tidak penting (bahkan tidak ada hubungannya sama sekali) dengan menggunakan akun bisnisnya, tentu hal ini akan berimbas kepada pencitraan negatif pada barang /jasa yang dijual walaupun tidak secara langsung menyentuh barang /jasa tersebut.  


Namun apabila pemisahan ini tidak memungkinkan dikarenakan ada keterikatan Anda dengan dengan merk yang Anda bangun, cobalah untuk menjadi “brand ambassador” yang bijak untuk  bisa mewakili merk Anda sendiri. Langkah ini perlu mendapat perhatian khusus dimana kita tidak bisa seenaknya memberikan umpan ataupun respon dikarenakan ada sebuah jalinan pertanggung jawaban Anda terhadap pencitraan merk yang sedang Anda bangun.

>> Konsistensi
Apapun bisnisnya, konsistensi merupakan bagian terpenting bagi pencitraan sebuah merk apapun. Bukan bergantung pada seberapa besar biaya yang ada keluarkan untuk menayangkan dengan satu kali tayang saja, tetapi seberapa mampu Anda untuk menayangkan iklan tersebut dalam waktu yang panjang. 


Hal yang sangat berat, tapi itulah yang harus dilakukan apabila Anda ingin memenangkan kompetisi ini. Jangan bosan-bosan untuk melakukan poin-poin diatas tadi. Personal branding akan lekat dengan Anda seumur hidup Anda sehingga pada akhirnya nanti Anda akan menjadi pemenang dalam kompetisi.

Silahkan anda dapatkan panduan yang lebih lengkap dan proven tentang bagaimana mendapatkan $ 4.156 dari Clickbank.com. dan Bagaimana Anda Bisa Sukses Memasarkan Produk Affiliasi Di Clilkbank.com Sampai Menghasilkan Dollar,  klick disini

dan dapatkan juga panduan yang lebih lengkap dan proven tentang bagaimana anda bisa membuat website penjualan, bisnis online dan cepat mendapatkan uang tambahan, klick disini 

Tidak ada komentar:

Entri Populer