Jumat

Proyek OffLine yang Mendukung Bisnis Online


Tentang proyek offline dalam sebuah bisnis yang mendukung dan bergerak di bidang online, bisa diartikan dengan lebih spesifik lagi yaitu proyek Event sebagai media promosi sekaligus salah satu cara perusahaan online untuk mendapatkan keuntungan. Banyak cara yang bisa dilakukan perusahaan online untuk mengembangkan sumber penghasilannya diluar online, salah satunya dengan dengan membuat sebuah event , bazar , silaturahmi, atau apapun sebutannya.

Terkadang bisnis online hanya bertumpu pada kekuatan teknologi internet untuk mengembangkan bisnis onlinenya dan melupakan konsep dasar hubungan sosial antar manusia yaitu saling berinteraksi dengan bertemu muka. Misalkan saja sebuah bisnis toko online.

Mereka biasa mendapatkan keuntungan dari penjualan buku yang dipesan secara online dan setelah itu konsumen hanya menunggu pesanannya dirumah dan membaca apa yang telah mereka pesan. Dari proses tersebut, komunikasi bisa saja terjalin, namun tidak ada satu sifat hubungan “jangka panjang” antara si penjual dan si pembeli. Proses interaksinya terbatas di dunia maya saja.

Pernahkah Anda menghitung seberapa banyak orang yang meng-akses bisnis online anda dan langsung menjadi konsumen Anda? Terkadang hal itu anda abaikan begitu saja. Hubungan di dunia online terjadi ketika ada transaksi saja, setelah itu tidak ada tindak lanjutnya.

Sebanyak apapun akun yang telah menjadi member pada website Anda, pernahkah kita membayangkan apabila para member Anda tadi di kumpulkan dengan mengadakan sebuah acara gathering, bazar, atau apapun bentuknya asalkan bersifat “offline“?

Mengumpulkan para member dalam satu event bisa menjadikan senjata ampuh untuk bisnis online Anda untuk terus berkembang karena dapat :

Menciptakan konsumen yang setia #
Dari event yang kita buat tentunya akan tercipta para konsumen yang setia untuk menggunakan jasa anda. Dari langkah tersebut anda bisa menciptakan konsep word-of-mouth untuk para “calon” konsumen setia yang lainnya.

Mendapat sebuah promosi yang murah #
Berpromosi tidaklah selalu harus di media tetapi dengan anda mengadakan sebuah event (walaupun berskala kecil) yang mampu menciptakan “iklan murah” bagi si empunya perusahaan online. Tulis saja di website tentang ulasan event yang telah anda selenggarakan dan letakan sebuah banner berisi ucapan terima kasih bagi para konsumen yang telah hadir. Walaupun action yang kita lakukan kecil namun impact bagi para member adalah sangatlah besar.



Membangun sebuah komunitas #
Bangunlah sebuah komunitas dimana mereka bisa saling berbagi antara satu member dengan member yang lain. Hal ini tidak bisa dipungkiri lagi dimana kritikan maupun saran membangun akan tertuju kepada anda.

Menambah sumber pendapatan #
Jangan menunggu barang-barang kanda laku dengan cara online (untuk sebuah toko onlne), cobalah menjual sebagian stok barang dengan cara offline. Bisa dengan mengadakan event sendiri ataupun mengikuti bazar yang diadakan oleh pihak lain. Tidak menutup kemungkinan dalam proses tersebut terjadi transaksi yang bisa menambah penghasilan perusahaan online Anda.

Dari ulasan kecil diatas bisa disimpulkan bahwa kekuatan dari sebuah proyek offline sangatlah luar biasa apabila dibandingkan dengan proyek online itu sendiri. Dari kedua cara diatas, baik online maupun offline anda campurkan menjadi sebuah senjata baru yang mampu menjadikan perusahaan online anda lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Entri Populer