Minggu

Strategi Pemasaran Sebuah Toko Online Di Media Sosial


Sebagai seorang pembisnis di dunia maya khususnya bisnis online tentunya anda sudah banyak sekali membaca referensi tentang bagaimana cara mengembangkan merek di media sosial. Tulisan-tulisan yang menunjukan jalan pada Anda untuk melakukan hal ini, hal itu dan tetek bengek.
Mungkin dengan kesadaran penuh anda akan berpikir untuk mengikuti apa yang disarankan oleh sang penulis tulisan tersebut, namun pernahkah anda “benar-benar” mengimplementasikannya kedalam merek anda sendiri dalam sebuah kasus dilapangan? Itu terserah Anda. Sebagai seorang internet marketing atau pembisnis online, anda dihadapkan dengan banyak sekali tantangan untuk mengembangkan merek anda di sosial media, untuk mengembangkan merek lebih jauh lagi dengan menggunakan media promosi yang sangat murah, mempunyai jangkauan yang luas, dan juga tengah tren saat ini, yaitu media sosial, anda perlu memperhatikan tahapan-tahapan pengimplementasian strategi pemasaran sebagai berikut  : 

1. P e n e l i t i a n
Penelitian adalah hal pertama yang harus anda lakukan dalam setiap kerja yang berhubungan dengan pemasaran merek apapun. Penelitian ini berfungsi sebagai langkah awal untuk mengetahui strategi pemasaran seperti apa yang nanti akan anda implementasikan kedalam merek yang bersangkutan. Dalam penelitian juga anda harus bisa menentukan jejaring media sosial (Facebook, Twitter, Fanspage dll) apa yang nantinya bakal menjadi sarana pemasaran yang tepat untuk memasarkan merek anda. 

2. Tentukan Tujuan Akhir
Dari tahapan penelitian yang sudah anda buat diatas dan sekaligus menentukan medium jejaring media  sosial  mana yang akan digunakan sebagai alat pemasar, sekaranglah waktunya anda menentukan tujuan akhir untuk kampanye pemasaran.

Kampanye pemasaran dilakukan untuk membangun brand awarness yang diharapkan meningkatnya penjualan dengan biaya rendah namun impact yang menguntungkan, bisa menjaring konsumen setia, bisa menjalin percakapan aktif di akun jejaring media sosial yang anda miliki dan menjadikan jejaring sosial sebagai ujung tombak dari bisnis online anda

3. Mulailah Membuat Strategi Pemasaran
Dari pemilihan jejaring media sosial yang sudah dilakukan dalam tahapan pertama, tahapan ke dua, maka  untuk tahap ketiga, anda mulailah membuat strategi pemasaran 

4. Monitoring
Dalam menentukan berhasil atau tidaknya sebuah kampanye pemasaran online tidak bisa anda tertentukan dengan jangka waktu tertentu, karena untuk membangun brand awarness diperlukan kesabaran dan juga strategi pemasaran yang tepat. Keberlangsungan kampanye ini ditentukan oleh konsistensi merek dalam membangun sekaligus memelihara apa yang sudah didapat. 

5. Evaluasi
Dalam waktu tertentu setelah kampanye pemasaran di jejaring media sosial ini dikeluarkan, anda perlu mengevaluasinya, apakah berdampak lebih baik atau masih berjalan di tempat.


untuk mendapat informasi yang lebih lengkap dan proven tentang bagaimana anda bisa membuat website penjualan, bisnis online dan cepat mendapatkan uang tambahan, klick disini 

Tidak ada komentar:

Entri Populer